Pengertian Administrasi dalam Arti Sempit dan Luas

Azhar 2:16 PM
Pengertian Administrasi dalam Arti Sempit dan Luas - Administrasi  berasal  dari  bahasa  latin  yaitu  “Ad”  dan  “ministrate”  yang  artinya  pemberian  jasa  atau  bantuan,  yang  dalam  bahasa  Inggris  disebut “Administration” artinya “To Serve”, yaitu melayani dengan sebaik-baiknya. 

Pengertian administrasi dapat dibedakan menjadi 2 pengertian yaitu : 

Pengertian Administrasi

Administrasi dalam arti sempit. 

Menurut Soewarno Handayaningrat mengatakan
“Administrasi  secara sempit  berasal  dari  kata  Administratie  (bahasa  Belanda)  yaitu  meliputi  kegiatan  cata-mencatat,  surat-menyurat,  pembukuan ringan, ketimengetik, agenda dans ebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan”(1988:2).
Dari  definisi  tersebut  dapat  disimpulkan  administrasi  dalam  arti  sempit merupakan kegiatan ketatausahaan yang mliputi kegiatan cata-mencatat, suratmenyurat,  pembukuan  dan  pengarsipan  surat  serta  hal-hal  lainnya  yang dimaksudkan  untuk  menyediakan  informasi  serta  mempermudah  memperoleh informasi kembali jika dibutuhkan. 
Pengertian Administrasi dalam Arti Sempit dan Luas
Pengertian Administrasi dalam Arti Sempit dan Luas

Administrasi dalam arti luas. 

Menurut The Liang Gie mengatakan “Administrasi secara luas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam  suatu  kerjasama  untuk  mencapai  tujuan  tertentu”(1980:9).  Administrasi secara luas dapat disimpulkan pada dasarnya semua mengandung unsur pokok yang  sama  yaitu  adanya  kegiatan  tertentu,  adanya  manusia  yang  melakukan kerjasama serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 

Pendapat  lain  mengenai  administrasi  dikemukan  oleh  Sondang  P.  Siagian mengemukakan  “Administrasi  adalah  keseluruhan  proses  kerjasama  antara  2 orang  atau  lebih  yang  didasarkan  atas  rasionalitas  tertentu  untuk  mencapai tujuan  yang  telah  ditentukan  sebelumnya”  (1994:3).  

Berdasarkan  uraian  dan definisi  tersebut  maka  dapat  diambil  kesimpulan  bahwa  administrasi  adalah seluruh  kegiatan  yang  dilakukan  melalui  kerjasama  dalam  suatu  organisasi berdasarkan rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan. 

Semoga tulisan mengenai Pengertian Administrasi dalam Arti Sempit dan Luas ini dari Horison pengetahuan ini bisa bermanfaat yah.

Related Post

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Choose The System Comment